Blog Fisika dan Pengetahuan Umum Lainnya

.

KECEPATAN DAN PERCEPATAN


KECEPATAN DAN PERCEPATAN
Kecepatan dan percepatan_ pada umumnya dalam mempelajari ilmu fisika kita harus mengetahui materi dasar berdasarkan pengertian dan penerapannya, maka dari itu kami memberi materi dasar sebagai penunjang dalam materi-materi fisika selanjutnya. Materi dasar yang akan kami paparkan pada postingan kali ini adalah kecepatan dan percepatan. Kecepatan dan percepatan adalah dua hal yang berbeda. Pada awal belajar fisika kami pun mengalami kesulitan membedakan antara kecepatan dan percepatan, maka dari itu kami sangat menganjurkan bagi para pencari/penuntut ilmu agar sering-seringlah membaca karena dengan membaca maka ilmu yang kita dapatkan akan bertambah. sebelum mempelajari kecepatan dan perpindahan dasar yang anda harus miliki adalah pengetahuan mengenai jarak dan perpindahan.

Langsung saja mengenai pembahasan kali ini tentang kecepatan dan percepatan, jika ditinjau dari segi bahasa tidak terlalu jauh beda akan tetapi dalam fisika itu sangat berbeda. Kecepatan adalah laju perubahan posisi terhadap waktu. Maksudnya laju suatu benda tiap detik. Contoh, anda pasti sering mendengar kalimat “mobil itu melaju dengan kecepata yang sangat tinggi”. Dari kalimat tersebut kita dapat simpulkan bahawa kecepatan adalah laju suatu benda tiap satuan detik. Beda halnya dengan percepatan, jika kecepatan laju perubahan posisi terhadap waktu maka percepatan perubahan kecepatan terhadap waktu. Percepatan pun dibagi menjadi dua percepatan positif (percepatan) dan percepatan negatif (perlambatan).
Dalam gerak dua dimensi rumus untuk kecepatan dan percepatan
v =x/t (kecepatan)
Ket : v = kecepatan (m/s)
          x = jarak (m)
          t = waktu (s)

ā = ∆v/∆t (percepatan)
ket : ā              = percepatan (m/s2)
       ∆v= perubahan kecepatan (m/s)
       ∆t= perubahan waktu (s)
Itulah sedikit paparan mengenai kecepatan dan percepatan, semoga materi yang kami sampaikan dapat bermanfaat bagi pengunjung yang setia. Terimahkasi



Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Fisika dengan judul KECEPATAN DAN PERCEPATAN. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://sc-zo.blogspot.com/2013/02/kecepatan-dan-percepatan.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Unknown - Wednesday, February 13, 2013

1 Komentar untuk "KECEPATAN DAN PERCEPATAN"

  1. kita juga punya nih jurnal mengenai Waktu Percepatan silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya
    http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/1296/1/20107885.pdf

    ReplyDelete