Blog Fisika dan Pengetahuan Umum Lainnya

.

GAYA DISIPATIF


GAYA DISIPATIF-Sebelumnya kita telah membahas mengenai materi gaya, maka untuk melengkapi materi tersebut mari kita membahas tentang gaya disipatif.
Pada penerapan hukum kekekalan energi, kita masih mengabaikan gesekan (gaya nonkonservatif). Pada banyak situasi hal tersebut tidak dapat diabaikan. Sebuah contoh dalam kehidupan kita yaitu permainan roller coster,
tidak akan mencapai ketinggian yang sama pada bukit kedua seperti pada bukit pertama karena adanya gaya gesekan. Pada proses ini, energi mekanik (jumlah energi kinetik dan potensial) tidak selalu kinstan melainkan berkurang. Karena gaya-gaya gesekan memperkecil energi mekanik total, gaya gesekan ini disebut gaya disipatif.
Akibat adanya gaya gesekan, akan timbul energi lain yang berupa energi panas. Energi panas yang dihasilkan oleh gaya gesekan (ƒ­k) sam dengan usaha yang dilakukan oleh gaya itu. Jadi, kekekalan energi yang terjadi pada proses tersebut dapat dituliskan sebagai berikut:





semoga rumus dan penjelasan ini dapat membantu teman2 dalam menyelesaikan soal2 fisika terutama pada materi gaya disipatif
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Fisika dengan judul GAYA DISIPATIF. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://sc-zo.blogspot.com/2013/02/gaya-disipatif.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Unknown - Saturday, February 09, 2013

Belum ada komentar untuk "GAYA DISIPATIF"

Post a Comment