Blog Fisika dan Pengetahuan Umum Lainnya

.

CARA KERJA TERMOMETER

Cara kerja termometer---- Termometer merupakan instrumen yang digunakan untuk mengukur suhu, baik itu suhu ruangan atau suhu tubuh atau perubahan temperatur pada hsuatu benda/material. Respon suhu pada termometer akan membuat termometer mengalami perubahan pada skalapembacaannya. Agar lebih jelas mengenai apa itu suhu dan kalor serta perubahan wujud zat maka baca artikelnya di sini . Pada saat di bangku sekolah  kita telah mengenal beberapa termometer dan telah diajarkan cara kerja termometer itu sendiri. Sebelum lanjut klik gambar di samping.

Kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara kerja dari termometer karena mungkin kita sering menggunakannnya namun tidak tahu bagaimana cara kerja termometer tersebut. 

A. Jenis Termometer
Saat ini telah banyak jenis termometer yang telah dikembangkan oleh para ilmuan. Termometer yang sering kita temukan di pasaran adalah termometer gantung (alkohol dan raksa), termometer dinding, termometer badan, termometer digital, dll.
B Cara Kerja Termometer
Termometer yang merupakan alat ukur suhu memiliki cara kerja yang dapat dikatakan sama karena semuanya mendeteksi suhu. Namun prinsip kerja dari termometer biasa dan yang digital terbilang berbeda. Mengapa berbeda? 

1. Termometer biasa (raksa atau alkohol)
prinsip kerja termometer ini yaitu adalah  ketika suhu dari luar sistem (lingkungan) didekatkan dengan termometer maka cairan (alkohol/raksa) yang ada di dalam termometer akan memuai (baca artikel tentang pemuaian zat cair) sehingga volumenya akan terus bertambah seiring dengan pertambahan suhu. Wadah termometer dibuat bening untuk memudahkan dalam membaca skala pada termometer itu sendiri.

2. Termometer digital
Prinsip kerja termometer digital pada dasarnya sama dengan prinsi kerja termometer biasa yang sama-sama menggunakan indikator suhu namun yang membedakan adalah penggunaan alkohol/raksa tidak digunakan pada termometer alkohol namun sensor suhu. Sensor suhu ini akan mendeteksi keadaan suhu lingkungan dan memberikan informasi berdasarkan program yang telah didesain khusus.

Semoga apa  yang telah kami berikan pada artikel ini terkai cara kerja termometer dapat membatu anda dalam peningkatan ilmu pengetahuan anda. 

Jika menurut anda artikel ini  menarik silahkan like dan beri komentar terkait "Cara kerja termometer". Klik di sini untuk artikel fisika lainnya
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Fisika / Teknologi dengan judul CARA KERJA TERMOMETER . Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://sc-zo.blogspot.com/2015/03/cara-kerja-termometer.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Unknown - Sunday, March 22, 2015

1 Komentar untuk "CARA KERJA TERMOMETER "

  1. jembatan itu ada!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    ReplyDelete