Blog Fisika dan Pengetahuan Umum Lainnya

.

CARA MENGHITUNG MASSA MATAHARI

Cara Menghitung Massa Matahari----Salam ilmu pengetahuan sahabat sekalian. Seringkali kita bertanya mengapa bumi itu bulat? mengapa mathari itu bulat dan bersinar serta  sangat panas? tentunya hal ini merupakan pertanyaan yang ditujukan untuk para ilmuan dan peneliti. Pada kesempatan ini kita akan mempelajari cara menghitung massa matahari.
Telah diketahui bahwa jari-jari rata-rata orbit bumi rB = 1,5 x 10^11 meter dan periode bumi dalam mengelilingi matahari TB  = 1 tahun = 3 × 10^7 s. Berdasarkan kedua hal tersebut serta dengan menyamakan gaya matahari dan gaya sentripetal bumi, maka dapat diperkirakan massa matahari.
Nah, berikut adalah uraiaan matematis dalam fisika untuk menentukan massa matahari. Pada kasus ini kita membandingkan antara Gaya gravitasi planet/bintang dan gaya sentripetalnya sehingga menghasilkan persamaan seperti pada gambar 1.


Dari uraian matematis diatas telah diperoleh bahwa massa matahari  sebesar 2 x 10^30 kg. Inilah sedikit ulasan mengenai cara menghitung massa matahari.

*Ingat bahwa massa tidak sama dengan berat* Jangan lupa komentarnya yah.

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Fisika dengan judul CARA MENGHITUNG MASSA MATAHARI. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://sc-zo.blogspot.com/2015/01/cara-menghitung-massa-matahari.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Unknown - Wednesday, January 28, 2015

1 Komentar untuk "CARA MENGHITUNG MASSA MATAHARI"

  1. Kak it dpt 5 dri mna ya??
    -TB 3x10^7 s
    Knp di tulis 3x10^7 5??

    ReplyDelete