Blog Fisika dan Pengetahuan Umum Lainnya

.

CARA KERJA DINAMO LISTRIK


Peradaban manusia dewasa ini sangat bergantung akan adanya sumberdaya listrik yang memadai. Hal ini dikarenakan peralatan yang digunakan oleh manusi sehingga dapat melakukan aktifitas secara cepat dan efisien kini memerlukan daya listrik.
salah satu komponen yang dapat digunakan untuk memperoleh listrik yaitu dinamo listrik dan generator. Kali ini kami akan memberikan sedikit ulasan menganai cara kerja dinamo listrik sehingga kalian paham akan proses dalam memperoleh listrik.
ets.... perlu teman tau. Listrik adalah bentuk energi yang dihasilkan dari perubahan bentuk energi yang lain.
1. Dinamo
Dynamo - perangkat yang membuat daya listrik langsung saat ini menggunakan elektromagnetisme. Ia juga dikenal sebagai generator, namun generator istilah biasanya mengacu pada "alternator" yang menciptakan daya arus bolak-balik .
2. Generator
Generator - biasanya istilah ini digunakan untuk menggambarkan alternator yang menciptakan daya AC menggunakan elektromagnetisme. 

Generator, Dinamo, dan Baterai adalah tiga alat yang diperlukan untuk membuat / menyimpan sejumlah besar listrik untuk digunakan manusia. Baterai mungkin telah ditemukan sedini 248 SM. Mereka hanya menggunakan reaksi kimia untuk membuat dan menyimpan listrik. Para ilmuwan bereksperimen dengan baterai untuk menciptakan lampu pijar awal, motor listrik dan kereta api, dan tes ilmiah. Namun baterai tidak dapat diandalkan atau biaya efektif untuk penggunaan listrik biasa, itu adalah dinamo yang secara radikal mengubah listrik dari rasa ingin tahu menjadi teknologi yang menguntungkan dan dapat diandalkan.
1.) Cara Kerja:
Dasar:

Pertama Anda membutuhkan sumber daya mekanis seperti turbin (didukung oleh air yang jatuh), turbin angin, turbin gas atau turbin uap. Poros dari salah satu perangkat ini terhubung ke generator untuk menghasilkan tenaga.


Dinamo dan generator bekerja menggunakan fenomena kompleks elektromagnetisme yang liar. Memahami perilaku elektromagnetisme, bidangnya dan dampaknya adalah subjek studi yang besar. Ada alasan mengapa butuh 60 tahun SETELAH baterai pertama Volta untuk mendapatkan dinamo yang kuat dan kuat. Kami akan menjaga hal-hal sederhana untuk membantu memperkenalkan Anda kepada subjek menarik pembangkit listrik.


Dalam arti yang paling dasar generator / dinamo adalah magnet yang berputar ketika berada di dalam pengaruh medan magnet magnet yang lain. Anda tidak dapat melihat medan magnet, tetapi sering digambarkan menggunakan garis fluks. Dalam ilustrasi di atas garis fluks magnetik akan mengikuti garis yang dibuat oleh serbuk besi.

Generator / dinamo terdiri dari magnet stasioner (stator) yang menciptakan medan magnet yang kuat, dan magnet berputar (rotor) yang mendistorsi dan memotong garis-garis magnetik fluks stator. Ketika rotor memotong garis fluks magnetik, itu menghasilkan listrik.

Tapi kenapa?

Karena Hukum Induksi Faraday jika Anda mengambil kawat dan memindahkannya maju mundur dalam medan magnet, medan mendorong elektron dalam logam. Tembaga memiliki 27 elektron, dua yang terakhir di orbit dengan mudah didorong ke atom berikutnya. Gerakan elektron ini adalah aliran listrik.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Fisika / Gejala alam dengan judul CARA KERJA DINAMO LISTRIK. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://sc-zo.blogspot.com/2018/09/cara-kerja-dinamo-listrik.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Unknown - Monday, September 17, 2018

Belum ada komentar untuk "CARA KERJA DINAMO LISTRIK"

Post a Comment