Blog Fisika dan Pengetahuan Umum Lainnya

.

Materi Fisika_ Daya


Materi Fisika_ Daya
Untuk mempelajari fisika lebih dalam maka diperlukan pengetahuan yang lebih untuk itu. Maka untuk itulah kami hadir untuk membantu anda dalam mempelajari materi yang di anggap oleh orng banyak adalah materi yang sulit. Sebenarnya dalam fisika yang perlu di perhatikan adalh pemahaman pada materi, masala menghafal rumus itu urusan belakangan yang terpenting anda harus memahami materinya terlebih dahulu.
Kali ini kami akan menjelaskan materi fisika_Daya. Materi ini mungkin tak lasim lagi bagi yang sering belajar fisika akan tetapi jangan disamakan dengan Materi fisika_gaya karena kedua materi ini berbeda. Jika kita berbicara tentang Daya maka kita akan berbicara menganai energi/kekuatan.

Baiklah kita langsung saja membahas (Materi Fisika_Daya).
Dalam kehidupan sehari-hari, anda sering mendengar istilah daya, misalnya daya tahan, daya listrik, daya kuda, daya dorong.  Diantara daya yang kami paparkan manaka yang termasuk daya dalam fisika? Apakah anda mengeti megenai daya?
Jika dilihat dari sudut pandang ilmu fisika maka daya tahan bukan merupak daya yang dimaksud (daya tahan jembatan, daya tahan tubuh, dll). Tetapi daya listrik, daya kuda erat kaitannya dengan daya yang dimaksud dalam fisika. Dalah kasus ini akan timbul lagi pertanyaan “Apakah yang dimaksud dengan daya dalam fisika?
Mungkin akan lebih jelas jika kita menganmbil penggambaran untuk memudahkan pengertian. Contoh, kita mengetahui bolam lampu yang sedang menyala, energi listriklah yang dikeluarkan oleh bolam lampu listrik 60W/220V (jangan banyangkan cahaya yang dikeluarkan oleh  bolam lampu tetapi bayangkan listrik yang dikeluarkan/digunakan oleh bolam). Spesifikasi bolam lampu tersebut mempunyai arti bahwa apabila dihubungkan dengan tegangan 220V, setiap sekon/detik bohlam akan mengeluatkan energi sebesar 60J. Jika waktu yang digunakan adalah dua kali lebih banyak maka kita tinggal mengkalikannya saja dua kali. Dengan demikian kita dapat menyimpulkan bahwa daya adalah banyaknya energi yang digunakan dalam tiap satuan detik.

Daya dapat dituliskan dalam bentuk  

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Fisika dengan judul Materi Fisika_ Daya. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://sc-zo.blogspot.com/2013/02/materi-fisika-daya.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Unknown - Wednesday, February 13, 2013

Belum ada komentar untuk "Materi Fisika_ Daya"

Post a Comment