Blog Fisika dan Pengetahuan Umum Lainnya

.

PEMBUKTIAN HUKUM GRAVITASI NEWTON

Pembuktian Hukum Gravitasi Newton----Manusia dapat berjalan di bumi ini merupakan hal yang wajar, namun kejadian itu tidak semata-mata terjadi. Dengan kebesaran yang dimiliki oleh sang pencipta maka bumi ini dan seluruh isi jagad raya diciptakan dengan sangat sempurna. Jika kita tinjau, bumi yang kita tempati berdiam ini berputar 360 derjat setiap malamnya dengan luas pemukaan yang dimiliki (sangat luas) maka bumi berputar sangat-sangat cepat hingga mencapai >200 m/s. Jika dalam kecepatan seperti itu dalam lintasan yang melingkar maka akan benda yang ada di permukaannya akan terlempar jika tidak ada gaya yang mengikatnya. Nah pertanyaannya adalah gaya apa yang mengikat semua benda di bumi agar tidak terlempar keluar angkasa? (gravitasi bumi)
Nah, dalam postingan ini kta akan membuktikan hukum gravitasi Newton.

Newton membuktikan hukum gravitasinya dengan mengamati gerakan bulan. Bulan mengelilingi bumi satu kali dalam 27,3 hari. Lintasannya mirip lingkaran berjari-jari 3,8 x 10 m. Menurut teori gerak melingkar, benda bergerak melingkar karena dipercepat oleh percepatan sentripetal yang arahnya menuju pusat lingkaran. Besar percepatan yang menyebabkan lintasan bulan berbentuk lingkaran adalah sebagai berikut. (gambar 1)


Sekarang hitunglah besar percepatan sentripetal ini dengan rumus Newton. 


Terlihat bahwa hasil perhitungan ini ternyata sama dengan hasil pengamatan. Ini membuktikan bahwa rumus Newton dapat dipertanggungjawabkan!
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Fisika dengan judul PEMBUKTIAN HUKUM GRAVITASI NEWTON. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://sc-zo.blogspot.com/2015/01/pembuktian-hukum-gravitasi-newton.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Unknown - Wednesday, January 28, 2015

Belum ada komentar untuk "PEMBUKTIAN HUKUM GRAVITASI NEWTON"

Post a Comment