Blog Fisika dan Pengetahuan Umum Lainnya

.

System Endomembran


    System Endomembra
kali ini kita akan membahas menganai ilmu biologi dimana lebih spesifiknya tentang system endomembran.berikut mengenia penjelasan tentang system endomembran:
Banyak membrane sel eukariotik yang berbeda yang merupakan bagian dari system endomembran. Membrane ini dihubungkan melalui sambungan fisik langungg atau melalui transfer segmen-segmen membrane sebagai visikula (gelelmbung terbungkus membrane kecil).
Akan tetapi hubungan ini tidak berarti bahwa membrane yang berbeda-beda itu sama struktur dan fungsinya. Ketebalan komposisi molekuler, dan perilaku metabolisme membrane tidak tetap, tetapi tidak dapat di modifikasi beberapa kali selama masa hidup membrane tersebut. System endomembran mencakup seluruh nucleus , RE, apparatus golgi,  lisosom, bebagai jenis vokula dan membran plasma (sebenarnya bukan endomembran dalam arti tempat fisiknya, tetapi sekalipun demikian berkaitan dengan Retikulum Endoplasmik dan membran internal lainnya yang dihasilkan.
a.      Retikulum Endoplasmik
Retikulum endosplasmik membentuk membran dan melakukan banyak fungsi biosintetik lain. Retkulum endoplasmic (RE) merupakan labirin membran yang demikian banyak sehingga reticulum endoplasmic ini meliputi separuh lebih dari total membran dalam sel-sel eukariotik. RE ini terdiri dari jaringan tubula dan gelembung membran yang disebut sisterne. Membran RE memisahkan ruangan internal, yaitu ruangan sisternal, dari sitosol. Dan karena membran RE ini bersambungan dengan selubung nucleus, ruang diantara kedua membran selubung itu bersambung dengan ruang sisternal RE ini.
Terdapat dua daerah RE yang struktur dn fungsinya berbeda jelas, sekalipun tersambung: RE halus dan RE kasar. RE halus berfungsi dalam bermacam-maca proses metabolisme, termasuk sintesis lipid, metabolisme karbohidrat, dan menawarkan obat dan racun.RE halus diberi nama demikian karena permukaan sitoplasmiknya tidak mempunyai ribosom. RE kasar tampak kasar melalui mikkroskop electron karena ribosom menonjol dipermukaan sitoplasmik membran. Ribosom juga dilekatkan pada sisi sitoplasmik membran luar selubung nucleus, yang bertemu dengan RE kasar. Re halis berbagai jeis sel berfungsi dalam bermacam-macam proses metabolism, termasuk sintetis lipi, metabolism karbohidrat, dan menawarkan obat dan racun.enzim Re halus sangat penting untuk sinteti lipid, termasuk fispolipid dan steroid. Di antara steroid yang di hasilkan oleh RE halus ialah hormone seks vertebra dan berbagai hormone steroid yang disekresi oleh kelenjar adrenal. Sel yabg sebenarnya mensintesis dan mensekresi hormone ini dalam testes dan ovarium, misalnya menganung banyak RE halus, cirri strukturalyang sesuai dengan fungsi sel ini. Sel hati merupakan salah satu contoh peran RE halus dalam metabolism karbohidrat. Sel hati menyimpan karbohidrat dalam bentuk glikogen, suatu polisakarida. Hidrolisis glikogen menyebatkan pelepasan glukosa dari sel hati, yang penting dalam pengaturan konsentrasi gula dalam darah. Akan tetapi produk pertama hidrolisis glikogen adalah glukosa fosfat, suatu bentuk ionic gula yang tidak dapat keluar dari sel dan memasuki darah. Enzim yang di tanam dalam membran RE halus sel hati  membuang fosfat dari glukosa, yang kemudian dapat meninggalkan selnya. Enzim RE halus membantu menawarkan obat dan racun, khususya dalam sel hati. Penawaran racun biasanya melibatkan penmbahan gugus hidroksil ke dalam obat, obat tersebut lebih mudah larut dan lebih mudah di keluarkan dari tubuh.
Banyak jenis sel terspeliasisasi mensekresi protein yang di hasilkan oleh ribosom yang dilekatkan pada RE kasar. Misalnya, sel-sel tertentu dalam pangkreas mensekresi proten insulin, suatu hrmon ke dalam aliran darah,. Begitu polipeptida  menjadi ribpso terikat, rantai ini di masukkan ke dalam ruang internal melalui suatu pori yang di bentuk oleh protein dalam membran RE tersebut. Begitu rantai ini masuk ke ruang ekternal, protein baru melipat ked ala kompormai aslinya. Sebagai RE kasar protein sekretoris berupa glikoprotein, protein terikat padakavalen pada karbohidrat. Karbohidrat di lekatkan ke protein dalam RE oleh molekul terspeliasisi yang sudah ada di dalam membran RE.
b.      Badan Golgi(golgi bodies)
Badan Golgi (dinamai menurut nama penemunya, Camillo Golgi) tersusun atas setumpuk kantong pipih dari membran yang disebut sisterna. Biasanya terdapat tiga sampai delapan sisterna, tetapi ada sejumlah organisme yang memiliki badan Golgi dengan puluhan sisterna. Jumlah dan ukuran badan Golgi bergantung pada jenis sel dan aktivitas metabolismenya. Sel yang aktif melakukan sekresi protein dapat memiliki ratusan badan Golgi. Organel ini biasanya terletak di antara retikulum endoplasma dan membran plasma. Sisi badan Golgi yang paling dekat dengan nukleus disebut sisi cis, sementara sisi yang menjauhi nukleus disebut sisi trans. Ketika tiba di sisi cis, protein dimasukkan ke dalam lumen sisterna. Di dalam lumen, protein tersebut dimodifikasi, misalnya dengan penambahan karbohidrat, ditandai dengan penanda kimiawi, dan dipilah-pilah agar nantinya dapat dikirim ke tujuannya masing-masing.
Badan Golgi mengatur pergerakan berbagai jenis protein; ada yang disekresikan ke luar sel, ada yang digabungkan ke membran plasma sebagai protein transmembran, dan ada pula yang ditempatkan di dalam lisosom. Protein yang disekresikan dari sel diangkut ke membran plasma di dalam vesikel sekresi, yang melepaskan isinya dengan cara bergabung dengan membran plasma dalam proses eksositosis. Proses sebaliknya, endositosis, dapat terjadi bila membran plasma mencekung ke dalam sel dan membentuk vesikel endositosis yang dibawa ke badan Golgi atau tempat lain, misalnya lisosom

.           c. Aparatus golgi
Setelah meninggalkan RE, banyak vesikula trnspor berpindah ke apparatus golgi. Golgi bisa di bayangkan sebagai puasat manufaktur, pergudangan, penyortiran, dan pengiriman.  Apparatus golgi terdiri dari kangtung membran yang pipih-sisterne- yanga tampak sebagai tumpukan roti pita (roti bulat yang datar dari timur tengah). Suatu sel dapat memiiki beberapa tumpukan seperti ini. Membran setiap siterne dalam satu tumpukan memmisahkan ruangan internalnya dari sitosol. Vesikula yang berkonsentrasi di sekitar apparatus golgi terlibt dalam transfer materi di antara golgi dan struktur lainya.
Apparatus golgi memiliki polaritas yang jelas, dengan membran sinternae pada ujung-ujung yang berlawanan merupaka suatu tumpukan yang berbeda ketebalab dan komposisi molekulernya. Kedua kutub tumbukan yan bebeda ketebalan dan komposisi molekulenya. Kedua tumpukan golgi di sebut sebagai muka cis dan muka trans. Yang masing-masing bertindak sebagai penerima dan pengirim pada apparatus gogi. Muka cis biasanya terletak di dekat RE ke golgi. Vesikula transport memindahkan materi dari RE ke golgi. Vesikula yang bertunas dari RE akan menambah membranya dan kandungan lumen (rongg)nya ke muka cis dengan bergabung berfusi dengan membran golgi. Muka trans menghasilkan vesikula yang akan tercabut dan akan berpindah ke tempat lain.
Produk RE biasanya dimodifikasi selama berpindah dari kutub cis ke kutub trans golgi. Protein dan fosfolofid membran mungkin saja berubah. Misalnya berbagai enzim golgi memodifikasi bagian oligosakarida glikopretein. Ketika pertama kali di tambahkan pada protein di RE, oligosakarida glikoprotein. Oligosakarida dari seluruh glikoprotein adalah identik. Golgi membuang sebagai monomer gula dan menggantinya dengan yang lain, menghasilkan bermacam-macam oligosakarida. Di samping kerja finishing-nya, aparatus golgi memproduksi makromolekul sendiri. Banyak polisakarida yang disekresi oleh sel merupakan produk golgi, termasuk asam hialuronat, subtansi lengket yang membantu merekatkan sel-sel hewan. Produk golgi yang akan di sekresi itu keluar dari muka trans golgi di dalam vesikula transpor yang akhirnya berfusi dengan membran plasma. Golgi memproduksi dan menyempurnakan produknya secara bertahab dengan sisterne di antara ujung cis dan trans yang berbeda-beda yang mengandung tim enzim yang unik. Produk dalam berbagai tahap pemroresan tampak akan dipindahkan dari satu sisterne ke sisterne lain oleh vesikula. Sebelum aparatus golgi mengirim produknya dengan membuat tunas vesikula dari muka trans, golgi menyortir produk ini dan mengarahkan produknya untuk berbagai bagian sel. Etiker identifikasi molekuler, seperti gugus fosfat yang telah di tambahkan ke produk golgi, membantu dalam penyortiran.

cukup sekian penjelasan dari kami, semoga postingan ini bermanfaat bagi kita semua. system endomembran
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Biologi dengan judul System Endomembran. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://sc-zo.blogspot.com/2013/01/system-endomembran.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Unknown - Friday, January 18, 2013

Belum ada komentar untuk "System Endomembran"

Post a Comment