Blog Fisika dan Pengetahuan Umum Lainnya

.

MENENTUKAN NILAI KONSTANTA GRAVITASI UMUM

Menentukan Nilai Konstanta Gravitasi Umum----Salam ilmu pengetahuan para shabat blog yang selama ini sangat setia berkunjung dalam blok ini. Pada kesempatan kali ini kita masih membahas mengenai hal-hal yang berkaitan dengan Fisika yaitu Gravitasi. Gravitasi merupakan sebuah gaya tarik (bukan gaya magnet) yang dimiliki oleh setiap benda namun besar dari gaya yang ditimbulkan berbeda-beda karena besar nilai gaya gravitasi berbanding lurus dengan besar benda (massa). Nilai G merupakan tetapan umum yang diukur secara eksperimen dan memiliki nilai numerik yang sama untuk semua benda. Nilai G ini pertama kali diukur oleh Hernry Cavendish, pada tahun 1798. Cavendish menggu- nakan peralatan seperti ditujukan pada Gambar 2.4 di atas!
Cavendish menggunakan alat ini untuk menghitung massa bumi. Dua bola timah hitam digantungkan pada ujung-ujung sebuah tiang yang digantungkan pada kawat sedemikian ruipa sehingga tiang dapat berputar dengan bebas. Batangan yang menyangga dua bila besar diputar sedemikian rupa sehingga bola besar dan bola kecil saling mendekati. Gaya tarik gravitasi antara bola besar dan bola kecil menyebabkan tiang tersebut berputar. Dengan mengukur besar putaran. Cavendish dapat menghitung gaya tarik antara bola yang massanya diketahui pada jarak tertentu dengan menggunakan hukum gravitasi. Cavendish tidak hanya memperkuat teori gravitasi. Newton, tetapi juga berhasil menentukan nilai G. Nilai yang diterima sampai sekarang ini adalah
G = 6,67 x 10-11 Nm2/kg2.
Setelah membahas persoalan tentang nilai konstanta gravitasi umum jangan lupa di komentari yah apabila terdapat kekeliruan di dalm postingan ini.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Fisika dengan judul MENENTUKAN NILAI KONSTANTA GRAVITASI UMUM. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://sc-zo.blogspot.com/2015/01/menentukan-nilai-konstanta-gravitasi.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Unknown - Wednesday, January 28, 2015

1 Komentar untuk "MENENTUKAN NILAI KONSTANTA GRAVITASI UMUM"

  1. Bet on Sports Online at Jammy Casino - JtmHub
    Our goal 충청남도 출장안마 is 강릉 출장안마 to provide you with the best online sports 보령 출장안마 betting 울산광역 출장안마 experience and to enjoy all kinds of bonuses. With live betting on 여수 출장샵 many

    ReplyDelete