Blog Fisika dan Pengetahuan Umum Lainnya

.

PEMANFAATAN SPEKTRAKOPI UNTUK MENEMUKAN PLANET LAIN.

Hai sahabat bloger yang haus akan ilmu pengetahuan. Pada kesempatan ini saya akan memaparkan materi yang berkaitan dengan cara menemukan planet lain dengan menggunakan spektrakopi. Teman-teman pasti penasaran bagaimana cara kerjanya. Ok. Saya akan menjelaskannya melalui artikel kali ini, makanya anda harus paham betul dan mengerti akan apa yang akan saya jelaskan nantinya.
Hingga akhir tahun 1991 hanya mataharilah satu-satunya bintang yang diketahui memiliki planet-planet yang yang mengelilinginya. Pendapat ini berubah ketika astronom Alex Wolszczan menemukan dua planet yang mengelilingi bintang-bintang lain. Planet ini disebut planet ekstrator.
Untuk menemukan planet-planet lain yang mengorbit bintang, para astronom memerlukan teknik-teknik yang sangat canggih. Plante-planet memantulkan cahaya dari bintang, dan beberapa yang lebih mudah panas memancarkan radiasi inframerah, walaupun bintang tetap jauh lebih terang jutaan atau bahkan milyaran lebih terang daripada planet. Jarak antara sebuah bintang dengan planet biasanya relative kecil sehingga planet-planet sebuah bintang tidak akan nampak ketika diamati dengan teleskop. Sebuah peralatan yang sangat sensitive akan kecermelangan cahaya yang disebut dengan fotometer, kadang-kadang masih dapat mendeteksi adanya keredupan cahaya ketika planet-planet bintang tersebut lewat di depan bintang, di antara bintang dan fotomrter.
Karena kesulitan pencarian planet secara langsung, para astronom melakukan pencarian planet dengan tidak langsung yaitu dengan perilaku bintang-bintang. Ketika planet mengorbit bintang gaya gravitasi antara keduanya memberikan suatu efek sedikit gerakan bergoyang pada bintang.para astronom mengamati gerakan bergoyang bintang ini dengan mengamati bintang secara langsung ataupun menganalisis spektrum cahaya yang dipantulkan bintang ketikan bintang menjauh dan mendekat dari bumi. Pengamatan langsung goyangan matahari hanya berlaku jika gaya gravitasi cukup kuat dan jarak bintang dari bumi relativ dekat.
Teknik analisis spectrum cahaya bintang memiliki kemampuan yang lebih baik. Teknik ini didasarkan pada efek dopler, yaitu perubahan penampakan spectrum cahaya bintang karena gerakan bergoyang bintang. Ketika bintang menjauh dari bumi. Panjang gelombang cahaya yang dipancarkan menjadi lebih pendek, perubahan panjang gelombang ini berdampak pada perubahan frekuency dan warna cahaya.

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Fisika / Gejala alam dengan judul PEMANFAATAN SPEKTRAKOPI UNTUK MENEMUKAN PLANET LAIN.. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://sc-zo.blogspot.com/2014/07/pemanfaatan-spektrakopi-untuk-menemukan.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Unknown - Monday, July 14, 2014

Belum ada komentar untuk "PEMANFAATAN SPEKTRAKOPI UNTUK MENEMUKAN PLANET LAIN."

Post a Comment