Blog Fisika dan Pengetahuan Umum Lainnya

.

SOAL FISIKA TENTANG PEMUAIAN GAS

Pada kesempatan ini kami akam memberikan beberapa soal latihan kepada teman-teman yang inin mengasah kemampuannya dalam menyelesaikan soal fisika tentang pemuaian gas yang di lengkapi dengan solusi akhir/jawaban dari soal fisika ini.

Soal Fisika Tentang Pemuaian Gas


Suatu gas berada pada suhu 50C. Berapakah suhu agar volume gas menjadi berlipat dua jika tekanan dijaga konstant??
(Jawaban : 373C)
Seabuah wadah tertutup berisi hidrogen pada suhu 73K dan tekanan 76 cmHg. Jika wadah tersebut dipanaskan hingga mencapai suhu 400 K., dan volumenya menjadi dua kali lipat dari semula. Tentukan tekanan akhirnya!!!
(Jawaban : 208,9 cmHg)
Sebuah gelembung udara yang berada pada kedalaman 10 m di bawah permukaan air (p=1000 kg/m) memiliki volume 2,0 cm^3. Berapakah volumenya jika gelombang ini naik kepermukaan air? percepatan gravitasi g = 10 m/s^2.
(Jawab : 3.98 cm^3)
Seorang pelayan sedang bekerja di dalam laut yang  massa jenisnya 1025 kg/m^3 pada saat tekanan admosfernya 100450 N/m^2. sebuah gelembung udara yang keluar dari tabung selamnya memiliki volume 3 kali lebih besar ketika mencapai permukaan air. Pada kedalaman berapakah penyelam tersebut bekerja?
(Jawab : 20 m)
Sebuah drum yang kosong (hanya berisi udara pada suhu 20 C dan tekanan 1 atm) ditutup rapat-rapat. Kemudian drum ini dibawah kedalam terik matahari, sehingga suhunya naik menjadi 60 C. Berapakah tekanan akhir udara dalam drum ini? asumsikan bahawa drum tidak mengalami memuaian.

fisikainfo.com 
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Fisika dengan judul SOAL FISIKA TENTANG PEMUAIAN GAS. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://sc-zo.blogspot.com/2016/02/soal-fisika-tentang-pemuaian-gas.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Unknown - Friday, February 12, 2016

Belum ada komentar untuk "SOAL FISIKA TENTANG PEMUAIAN GAS"

Post a Comment