Blog Fisika dan Pengetahuan Umum Lainnya

.

CARA KERJA ANGIN TOPAN


Cara kerja angin topan---. Pada era moderinisasi sekarang ini terdapat banyak sekali teknologi yang dapan membantu manusia dalam mempertahankan kehidupan dan peradabannya. Akan tetapi karena instannya hal tersebut terkadang kita lupa akan hal kecil yang seharusnya kita ketahui. Baru-baru ini Filifina dilanda bencana yang sangat besar, angina berkekuatan sangat besar menghantam negara tersebut sehingga berdampak besar bagi negara tersebut. Angin yang menyebabkan kerusakan yang luar biasa tersebut kita akan bahas mengenai cara kerja angin topan secara ilmiah.

Angin topan adalah pusaran angin yang sangat kencang, kecepatan angin ini depan mencapai 120 km/jam atau bahkan lebih. Angin ini kerap terjadi di wilayah tropis diantara garis balik utara dan selatan, kecuali daerah-daerah yang sangat berdekatan dengan posisi khatulistiwa.
Berbicara tentang angin, maka proses terjadinya angin karena adanya perbedaan tekanan udara. Pada proses terjadinya angin topan juga demikian akan tetapi perbedaannya terletak apa kekuatan pusaran angin topan tersebut.
Dari definisinya topan dapat diartikan sebagai putaran yang kencang dari suatu kolom udara yang terbentuk dari awan cumuliform yang telah menyentuh tanah, biasanya tampak sebagai corong awan (funnel cloud) dan kerap disertai dengan badai angin dan hujan, petir atau batu es. Sebagian besar topan disebabkan oleh badai guntur yang berputar dengan sirkulasi yang teratur yang disebut dengan mesosiklon.
Pembentukan topan umumnya dapat dilihat pada hal- hal yang terjadi pada skala badai, di dalam dan sekitar mesosiklon. Perbedaan temperatur pada bagian tepi massa udara turun yang berada di sekitar mesosiklon (downdraft oklusi) erat kaitannya dengan pertumbuhan topan. Sebagian besar topan dapat memiliki kecepatan lebih dari 480 km/jam, rata-rata 175 km/jam atau lebih (di sekitar pusat dapat mencapai 100-200 meter/jam), dengan ketinggian ± 75 m, diameter umumnya berkisar antara puluhan hingga ratusan meter. Umumnya terjadi pada siang hingga sore hari.
Itulah tadi penjelasan singkat mengenai cara terjadinya angin topan, penjelasan mengenai penjelasan sains dan gejala alam dapat anda temukan di sini


Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Gejala alam dengan judul CARA KERJA ANGIN TOPAN. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://sc-zo.blogspot.com/2013/11/cara-kerja-angin-topan.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Unknown - Wednesday, November 20, 2013

Belum ada komentar untuk "CARA KERJA ANGIN TOPAN"

Post a Comment