Blog Fisika dan Pengetahuan Umum Lainnya

.

APLIKASI HUKUM TERMODINAMIKA 2

Aplikasi Hukum Termodinamika 2, pada dasarnya untuk membahas hukum termodinamika 2 terlebih dahulu kita harus mengetahui tentang hukum termodinamika 1. Pada Hukum Termodinamika 1 menyatakan bahwa energi tidak dapat diciptakan dan tidak dapat dimusnahkan, akan tetapi energi hanya dapat diubah dari suatu bentuk ke bentuk yang lain. Prinsip tersebut juga di kenal dengan istilah konservasi energi,

yang berlaku untuk sistem tertutup dan terbuka.


Kita ambil sebuah contoh, misalkan kita menyimpan secangkir kopi di satu ruangan, maka pada peristiwa tersebut telah mengalami hukum termodinamika 1 karena energi yang dilepaskan oleh sistem sebanding dengan energi yang diterima oleh lingkungan. Nah, jika peristiwa tersebut dapat dijelaskan oleh hukum termodinamika 1, maka jika peristiwa tersebut kita balik misalkan kopi tersebut menjadi lebih panas dari keadaan awal saat disimpan di ruangan yang memiliki suhu lebih rendah dari sistem. Maka secara logika hal tersebut tidak akan terjadi. Dari contoh diatas jelas bahwa proses berjalan dalam suatu arah tertentu tidak sebaliknya. Suatu proses yang telah memenuhi hukum termodinamika 1, belum tentu dapat berlangsung. Diperlukan suatu prinsip selain hukum   termodinamika   1   untu menyataka bahw suat prosedapat berlangsung, yang dikenal dengan hukum termodinamika 2. Atau dengan kata lain suatu proses dapat berlangsung jika memenuhi hukum termodinamika 1 dan termodinamika 2.
Kegunaan hukum termodinamika 1 tidak terbatas hanya pada mengidentifikasi arah dari suatu proses, tetapi juga bisa mengetahui kualitas energi (hukum termodinamika 1 berhubungan dengan kualitas energi dan perubahan bentuk energi), menentukan batas teoritis unjuk kerja suatu sistem, dan memperkirakan kelangsungan reaksi kimia.
Pada setiap pembahasan mengenai hukum termodinamika terkadang kita lupa apa sebenarnya apa aplikasi dari hukum termodinamika karena penjelasan mengenai hal tersebut jarang dibahas lebih dalam. Terimakasih atas kunjungannya. Aplikasi Hukum Termodinamika 2. Jika pada pembahasan ini masih terdapat kekurangan, komentar anda sangat membantu dalam peningkatan setiap artikel yang kami buat.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Fisika dengan judul APLIKASI HUKUM TERMODINAMIKA 2. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://sc-zo.blogspot.com/2013/10/aplikasi-hukum-termodinamika-2.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Unknown - Friday, October 25, 2013

Belum ada komentar untuk "APLIKASI HUKUM TERMODINAMIKA 2"

Post a Comment